PERILAKU MANUSIA DALAM ORGANISASI

Macam- macam organisasi:
- Organisasi Laba
- Organisasi Nirlaba

Organisasi Laba
Organisasi laba adalah organisasi yang bertujuan:

  1. Mencari keuntungan, diukur dengan return of investmen
  2. Memaksimalkan nilai pemegang saham dengan meningkatkan laba perusahaan. Dampaknya: 1) waktu manajemen habis hanya untuk mencari laba yang setinggi-tingginya. 2.)perusahaan bukan hanya milik investor tapi juga pihak-pihak yang berkepentingan. 3.) pemegang saham biasanya hanya untuk jangka pendek, tapi investor untuk jangka panjang,
  3. Tujuan lain. misalkan produktivitas, kepemimpinan pasar, kepemimpinan produk.
  4. Perkembangan personalia.
  5. Sikap karyawan.
  6. Pertanggung jawaban publik.
  7. Keseimbangan saluran jangka pendek, jangka panjang dan jangka menengah.
Keselarasan Tujuan (Goal Congruence), menyelaraskan tujuan organisasi dengan anggota organisasi. Disebabkan oleh dua faktor:
- Informal : internal dan eksternal
- formal    : sistem pengendalian manajemen dan rules (peraturan)

Informal
Internal
  • Budaya, aturan atau kebijakan yang berlaku dalam perusahaan atau nilai-nilai yang berhubungan dalam perusahaan. Bisa berupa Gap atau jarak, sikap norma, hubungan kkerja dan asumsi yang diterima secara umum. Budaya bisa berjalan baik jika ada contoh dari pimpinan.
  • Gaya Manajemen. sikap pemimpin terhadap bawahannya, sikap initergantung pada sudut pandang dan kebutuhan masing-masing pimpinan.
  • Organisasi informal. Hubungan pertemanan yang menjadikan terbentuknya golongan atau kubu kubu antar individu dalam perusahaan.
  • Persepsi dan komunikasi.
  • Kerjasama dan konflik. Perusahaan harus menjaga keseimbangan antara situasi kerjasama dan situasi konflik. Konflik itu perlu selama menimbulkan persaingan yang sehat.
Eksternal
  • Etos Kerja. Norma yang tumbuh dan berkembang pada kehidupan masyarakat. Bisa berupa loyalitas, semangat kerja dan kemauan. Etos kerja dipengaruhi oleh budaya setempat
Formal
Rules
  • Pengawasan secara fisik. Seperti: penjaga keamanan, password, dan cctv.
  • Petunjuk pelaksanaan / prosedur.
  • Sistem pengamanan, pengawasan secara sistematis yang menjamin arus informasi akurat dan mencegah kesalahan. Contoh: cross check bukti transaksi.
  • Sistem pengendalian tugas. Menjamin tugas-tugas dilaksanakan secara efektif dan efisien.
Teori Motivasi Kerja
Teori Hierarki kebutuhan Maslom:
Menurut Maslom, manusia mempunyai 5 macam kebutuhan:
  1. Kebutuhan fisik/dasar (sandang, pangan, papan)
  2. perlindungan keamanan. kebutuhan ini adalah kebutuhan tingkat rendah yang berasal dari faktor eksternal.
  3. Kebutuhan sosial, kebutuhan perasaan yang diterima dalam kelompok, rasa kekeluargaan, persahabatan, kasih sayang.
  4. Kebutuhan penghargaan, contohnya: status, kedudukan, kehormatan, reputasi, dll.
  5. Aktualisasi diri, contoh: pengembangan diri, kreativitas, ekspresi diri.
Teori dua faktor Herzberg:
  1. Hygiene Factor, faktor faktor yang ada tidak memotivasi tapi tidak ada akan mengakibatkan kehilangan. contoh motivasi, gaji, kebijakan, organisasi, hubungan antara personal dan kualitas pengawasan.
  2. Satisfiet factor, faktor-faktor yang memotivasi. Contoh: prestasi, pengakuan, tanggung jawab, kesempatan untuk bergabung.
Teori pengharapan Vroom.
  1. Expectancy, hubungan upaya-kinerja terdapat kejelasan ukuran  severapa baik ia bekerja.
  2. Instrumentaly, hubungan kinerja-ganjaran, Setiap pekerja yang baik harus memiliki imbalan dan ganjaran.
  3. Valence hubungan ganjaran-tujuan pribadi, ganjaran yang diterima harus sesuai dengan tujuan pribadi.

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal Utang Obligasi Jangka Panjang IFRS

Latihan soal cash flow (IFRS)

CONTOH SOAL PENJUALAN ANGSURAN