Sistem Informasi dalam kegiatan Bisnis Saat Ini

TUJUAN BISNIS STRATEGIS SISTEM INFORMASI

Ada interpendensi yang berkembang antara kemampuan perusahaan untuk menggunakan teknologi informasi dan kemampuan untuk mengimplementasikan strategi korporat dan mencapai tujuan korporat. Apa yang akan dilakukan bisnis dalam lima tahun sering tergantung kepada kemampuan dari sistem yang dimiliki. Peningkatan pangsa pasar, menjadi produsen berbiaya rendah atau berkualitas tinggi, pengembangan produk baru, dan peningkatan produktivitas karyawan semakin bertambah nilia anda sebagai manajer.

Keunggulan Operasional

Perusahaan terus melakukan perbaikan efisiensi operasi mereka dengan tujuan mencapai probabilitas yang lebih tinggi. Sistem dan teknologi informasi adalah beberapa perangkat penting yang tersedia bagi manajer untuk mencapai tingkat efisiensi dan produktivitas yang lebih tinggi dalam operasi bisnis, khususnya saat digabungkan dengan perubahan dalam praktik bisnis dan perilaku manajemen. contoh dari keunggulan operasional ini adalah Wal-mart, peritel terbesar didunia. Wal-Mart mencapai penjualan lebih dari $285 miliar yang merupakan bagian besar yang disebabkan adanya sistem penghubung ritel yang dimiliki, yang secara digital menghubungkan pemasok ke setiap satu dari 5.289 toko Wal-Mart di seluruh dunia. Saat pelanggan melakukan pembelian, pemasok mengawasi persediaan segera melakukan pengiriman atas barang yang dibeli.

Produk, Jasa, dan Model Bisnis Baru.
Seiring dengan perkembangan jaman gaya hidup dan kebutuhan manusia sudah berubah. Teknologi dan sistem informasi merupakan alat penting bagi perusahaan untuk menciptakan produk dan jasa baru sebagaimana model bisnis yang benar-benar baru. Model bisnis sendiri merupakan cara perusahaan memproduksi, menyampaikan, dan menjual produk atau jasa untuk menciptakan keuntungan. Sebagai contoh didalam industri game, banyak gamers mengeluh tentang sulitnya mendapatkan kaset game, walaupun ada hanya dikota-kota besar saja. Terlalu mahalnya ongkos kirim dan harga game itu sendiri menjadi faktor utama yang menjadikan gamers enggan untuk bermain game lagi. Sejak Valve Steam didirikan gamers PC dapat membeli game secara online menggunakan kartu kredit atau steam wallet dan mengunduhnya. hal ini tentunya tidak hanya menguntungkan gamers, tapi juga developer yang tidak harus mendistribusikan produknya dalam kepingan kaset dan membayar biaya pemasaran serta distribusi.


Hubungan Pelanggan dan Pemasok.
Jika bisnis memahami dan melayani para pelangggannya dengan baik, memahami bagaimana mereka ingin dilayani, pelanggan biasanya akan kembali dan membeli lebih banyak. Hal ini akan meningkatkan pendapatan dan laba. Sama halnya dengan pemasok, semakin terlibat suatu bisnis dengan pemasoknya semakin lebih baik pemasok menyediakan input vital.


Pengambilan Keputusan yang Semakin baik
Banyak manajer bisnis berjalan dalam sumber informasi yang tidak jelas, hampir tidak pernah memiliki informasi tepat pada saat yang tepat bagi pengambilan keputusan. Sebaliknya manajer malah percaya pada prediksi, tebakan dan keberuntungan. Hasilnya adalah produksi yang berlebih atau kekurangan atas produk dan jasa, alokasi yang tidak tepat atas sumber daya dan waktu respons yang buruk. Hasil yang bytyk ini meningkatkan biaya dan mengakibatkan kehilangan pelanggan. Sistem dan teknologi informasi telah memungkinkan manaejer menggunakan data terbaru dari pasar ketika akan mengambil keputusan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.


Keunggulan Kompetitif
Saat perusahaan mencapai satu atau lebih tujuan bisnis diatas, maka saat tersebut dapat dikatakan perusahaan telah mencapai keunggulan kompetitif atau keunggulan yang dapat menyaingi pesaingnya. Melakukan sesuatu lebih baik dari pesaing, harga yang lebih murah untuk produk unggulan, dan respons cepat dan terkini terhadap pelanggan dan pemasok, semuanya dapat meningkatkan penjualan dan laba yang tidak bisa diikuti oleh para pesaing.




Sumber: Kenneth C. dan Jane P. Laudon. "Sistem Informasi Manajemen." Jakarta:Salemba Empat

Comments

Popular posts from this blog

Latihan Soal Utang Obligasi Jangka Panjang IFRS

Latihan soal cash flow (IFRS)

CONTOH SOAL PENJUALAN ANGSURAN